Minggu, 16 Oktober 2011

BENTUK KOMUNIKASI INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL

Komunikasi intrapersonal adalah penggunaan bahasa atau pikiran yang terjadi di dalam diri komunikator sendiri antara self dengan God. Komunikasi intrapersonal merupakan keterlibatan internal secara aktif dari individu dalam pemrosesan simbolik dari pesan-pesan. Seorang individu menjadi pengirim sekaligus penerima pesan, memberikan umpan balik bagi dirinya sendiri dalam proses internal yang berkelanjutan. Komunikasi intrapersonal dapat menjadi pemicu bentuk komunikasi yang lainnya. proses komunikasi intrapersonal melewati empat tahap yaitu: sensasi, presepsi, memori, dan berpikir.
  1. sensasi, yaitu kemampuan manusia untuk menyerap segala hal yang diinformasikan olrh pancaindra/proses menangkap stimuli.
  2. presepsi, yaitu pengalaman tentang objek, peristiwa atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan mmenyimpulkan informasi.
  3. memori,  yaitu penyampaian informasi yang dihasilkan dan peemanggilan kembali (recalling). dalam melakukan fungsinya memori melakukan tiga hal: perekaman (encoding), penyimpanan (storage), dan pemanggilan (retrieval).
  4. berpikir, yaitu mengingat kembali hal yang telah tersimpan.
http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_intrapersonal

komunikasi interpersonal adalahkomunikasi yang dilakukan oleh pihak lainuntuk mendapatkan umpan balik baik secara langsung ataupun dengan media.
http://www.psikologizone.com/definisi-komunikasi-interpersonal/06511922

Tidak ada komentar:

Posting Komentar